Pertarungan Dimulai! Timnas INDONESIA vs SINGAPURA, 9 November 2018

0
18

Bolaterbaru.com – Jumat (9/11/2018) malam nanti, Timnas Indonesia akan memulai perjuangan mereka di Piala AFF 2018 dengan melawat ke markas timnas Singapura. Pertandingan pertama Grup B ini akan digelar di National Stadium, Singapura.

Berada di grup dengan level persaingan berat, Timnas Indonesia kudu mengantungi kemenangan di duel perdana ini. Jika bicara jadwal Indonesia relatif di untungkan.

Di dua laga awal Septian David Maulana dkk. menghadapi lawan yang tak masuk hitungan kandidat juara, Singapura dan Timor Leste. Selanjutnya baru Tim Garuda menghadapi lawan-lawan berat, Thailand yang berstatus juara bertahan dan Filipina yang dinakhodai pelatih kelas dunia, Sven Goran Eriksson.

Bukan bermaksud memandang remeh Singapura, yang notabene pelanggan juara Piala AFF. Fakta menunjukkan kalau kubu lawan prestasinya tengah meredup beberapa tahun belakangan ini.

Terakhir, di Piala AFF 2016 mereka terlempar di fase penyisihan. Timnas Indonesia jadi tim yang menyingkirkan Negeri Singa dengan kemenangan 2-1. Makin sedikitnya jumlah pemain naturalisasi agaknya berdampak besar bagi Singapura itu.

Singapura menatap Piala AFF 2018 dengan banyak pemain muda. Fandi Ahmad tengah berjuang membangun kejayaan negaranya dengan memaksimalkan putra-putra asli negara bekas jajahan Inggris.

Pasukan Merah-Putih tampak relaks menyongsong duel kontra Singapura. Timnas Indonesia menggelar sesi latihan resmi di Stadion Nasional pada Kamis (8/11/2018) malam WIB.

Sesi latihan berlangsung dengan canda tawa. Tak terlihat rona ketegangan di antara pemain. “Saya ingin pemain santai menjalani laga ini. jangan terlalu terbebani, fokus saja bermain yang baik. Hasil akan mengikuti,” tutur Bima Sakti.

Dalam sejumlah sesi latihan terlihat kalau Timnas Indonesia bakal bermain ofensif dengan mengandalkan dua sisi melebar lapangan. Semenjak era Luis Milla, poros kekuatan Tim Garuda di sektor sayap. Di Piala AFF ada empat pemain sayap tangguh: Andik Vermansah, Riko Simanjuntak, Febri Hariyadi, dan Irfan Jaya.

“Lini sayap Timnas Indonesia semua bagus. Kami memiliki empat pemain sayap yang menurut saya siap. Sapa yang nantinya akan diturunkan kita lihat saja nanti,”kata Bima.

Patron permainan Timnas Indonesia agaknya tak akan berubah banyakdari tiga uji coba jelang turnamen (menghadapai Mauritius, Myanmar, dan Hong Kong). Bima akan tetap akan mempertahankan patron dasar 4-3-3 atau 4-2-3-1ala Luis Milla.

Tinggal di tunggu, apakah Bima akan memainkan strategi false nine, dengan mengandalkan Stefano Lilipaly atau Septian David Maulana sebagai striker bunglon, atau ia tetap memaksimalkan bomber haus gol, Alberto Goncalves.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here